Jenis-jenis Media Pembelajaran

  • Whatsapp

Secara umum berdasarkan proses pembuatannya, media pembelajaran dibagi kedalam media yang langsung pakai atau tersedia (media by utilization) dan media yang dengan sengaja dirancang dan dipersiapkan sesuai dengan tujuan pembelajaran (media by design). Selain itu, media pembelajaran dapat dikelompokkan berdasarkan fungsi dan bentuknya. Berdasarkan fungsinya, media pembelajaran dapat berbentuk alat peraga dan sarana atau alat bantu pembelajaran.

Alat Peraga

Menurut Estiningsih (1994), alat peraga merupakan media pembelajaran yang mengandung atau membawakan ciri-ciri dari materi pembelajaran dengan dimensi pengetahuan yang abstrak berfungsi untuk menurunkan keabstrakan materi pembelajaran agar peserta didik mampu menangkap arti dan makna dari materi pembelajaran tersebut. Hal ini relevan dengan pendapat Iswadji (2003) yang menyatakan bahwa alat peraga merupakan sebuah atau seperangkat benda konkret yang dibuat, dirancang, dihimpun, atau disusun secara sengaja untuk membantu menanamkan atau mengembangkan materi pembelajaran yang abstrak berupa konsep atau prinsip.

Bacaan Lainnya

Dengan demikian, alat peraga dapat menjembatani materi pembelajaran yang abstrak menjadi lebih konkret yang disajikan dalam bentuk model-model sehingga peserta didik dapat memanipulasi objek tersebut dengan cara melihat, memegang, menyentuh, meraba, atau aktivitas lainnya yang menggunakan alat indera. Alat peraga terdiri atas alat peraga sederhana yang biasanya dibuat sendiri memanfaatkan lingkungan sekitar dan alat peraga buatan pabrik yang umumnya berupa perangkat keras dan lunak yang dibuat secara pabrikan dengan ketelitian yang tinggi serta memerlukan biaya yang tinggi pula.

Contoh media pembelajaran berbentuk alat peraga adalah gambar bergerak berbentuk multimedia interaktif yang ditayangkan melalui projektor berisi tentang ilustrasi manik-manik warna dua muka yang merepresentasikan konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat pada mata pelajaran Matematika.

Baca Juga :  Tinjauan Tentang Tingkat Kecerdasan (IQ)

Sarana atau Alat Bantu

Sarana atau alat bantu merupakan media pembelajaran yang berfungsi teknis sebagai alat pendukung pembelajaran untuk memperlancar kegiatan belajar (Estiningsih, 1994). Tidak seperti alat peraga, sarana atau alat bantu pembelajaran tidak terkait langsung dengan materi pembelajaran. Adapun statusnya terkait teknis hanya sebagai pendukung atau penunjang aktivitas belajar peserta didik.

Pos terkait