Konsep Dasar Ilmu-Ilmu Sosial

  • Whatsapp

Konsep Dasar Sejarah (History) atau Sejarah berasal dari bahasa Arab Syajaratun, merupakan bidang yang mengkaji peristiwa masa lampau berdasarkan ruang dan waktu (dimensi), membicarakan bagaimana perkembangan dan perubahan dari zaman ke zaman. Berasal dari bahasa Yunani yaitu “historia” yang berarti inquri, wawancara, interogasi dari seorang saksi mata dan juga laporan mengenai tindakan-tindakan (Helius Sjamsudin, 2012).

Berdasarkan kedudukannya sejarah dapat dimaknai sebagai sebuah peristiwa, sebagai ilmu, dan sebagai cerita. Secara singkat, konsep dasar Sejarah yang dapat kita temukan pada pembelajaran IPS SD/MI seperti: Peristiwa, Prasejarah, Periode, Kerajaan, Waktu, Dokumen, Kronologi, Peradaban, Ruang, Kolonialisme, Penjajahan, Evolusi, Revolusi, Kemerdekaan, dan sebagainya.

Bacaan Lainnya

Konsep Dasar Geografi (Geography)

Geografi sering dikenal dengan gambaran tentang bumi, hal ini sesuai dengan asal katanya dari bahasa Yunani yaitu Geo (bumi) dan Graphien (lukisan/tulisan). Pada hakikatnya Geografi merupakan disiplin ilmu yang berfokus tentang hubungan keruangan, baik aspek fisik, biotik, dan sosial.  Kajian geografi berpusat pada penyebaran atau distribusi, gejala atau fenomena serta hubungan dengan gejala-gejala yang berkaitan dengan tempat atau ruang.

Secara singkat, konsep dasar Geografi yang dapat kita temukan pada pembelajaran IPS SD/MI seperti wilayah, region, persebaran, flora, fauna, keruangan, lingkungan, pola, peta, kenampakan alam, kenampakan buatan, distribusi, ruang, lokasi, wilayah, bentangan alam, sumber alam, lingkungan hidup, penduduk, sungai, laut, gunung dan lain sebagainya. Konsep-konsep tersebut dapat terbagi-bagi lagi kepada konsep yang lebih khusus. Misalnya bentangan alam yang berupa konsep tentang gunung, lembah, sungai dan sebagainya.

Konsep Dasar Ekonomi (Economy)

Ekonomi pada dasarnya merupakan bidang ilmu yang mengkaji tentang kebutuhan manusia dan bagaimana memecahkan semua permasalahannya. Ekonomi yang ditekankan adalah ekonomi kerakyatan yang berlandaskan konsep dasar Pancasila, yaitu Berketuhanan, Berkeadilan Sosial, dan pemerataan. Secara singkat, konsep dasar Ekonomi yang dapat kita temukan pada pembelajaran IPS SD/MI seperti distribusi, produksi, kelangkaan, uang, bentuk-bentuk pasar, pekerjaan, jual beli, pasar, sumber daya ekonomi, dan sebagainya.

Baca Juga :  Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini

Pos terkait