Konsep Dasar Ilmu-Ilmu Sosial

  • Whatsapp

Konsep Dasar Politik (Politic)

Politik dalam bahasa Yunani disebut politikos. Politik dapat dimaknaii siasat atau cara untuk mencapai sebuah tujuan. Pada komponen di IPS SD/MI, konsep dasar politik ditekankan pada usaha warga negara mempertahankan ideologi Pancasila demi mewujudkan kebaikan bersama, berinteraksi dengan negara tetangga, melihat bagaimana sistem pemerintahannya, dan lainnya. Secara singkat, konsep dasar politik yang dapat kita temukan pada pembelajaran IPS SD/MI seperti Pancasila, UUD 1945, demokrasi, ASEAN, kepemimpinan, Kepatuhan, Ketaatan, negara maritime, negara agraris, Kekusaan, Ketua RT, Kepala Desa, dan lain sebagainya.

Konsep Dasar Sosiologi (Sociology)

Socius merupakan istilah latin untuk Sosiologi yang berarti kawan dan logos yang berarti ilmu. Sosiologi mempelajari masyarakat, bagaimana pola kehidupan individu, kehidupan bersama manusia dengan sesamanya yang di dalamnya terdapat struktur dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial. Secara singkat, konsep dasar Sosiologi yang dapat kita temukan pada pembelajaran IPS SD/MI seperti interaksi, peran (role), keluarga, ayah dan ibu, masyarakat, norma (norms), nilai (value), pranata dan Lembaga sosial, sosialisasi, enkulturasi, perubahan sosial, dan lain sebagainya.

Bacaan Lainnya

Konsep Antropologi (Antropology)

Antropos (manusia) dan Logos (ilmu) merupakan istilah latin dari Antropologi. Antropologi memandang manusia dari dua sudut, yaitu sebagai manusia dan makhluk budaya, sehingga memunculkan dua kajian, yaitu antropologi fisik yang berfokus kepada sifat karakteristik biologis manusia, dan (2) antropologi budaya yang berfokus kepada makna budaya dan tingkah laku manusia.

Baca Juga: IPS di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah

Secara singkat, konsep dasar Sosiologi yang dapat kita temukan pada pembelajaran IPS SD/MI seperti budaya (culture), difusi (diffusion), akulturasi (acculturation), tradisi (tradition), suku, etnik, culture area, kebiasaan, etnosentris (Ethnocentrism), peran kebudayaan bagi persatuan dan kesatuan bangsa, keragaman, toleransi, Teknologi, Bahasa, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Tujuan Tes Dalam Evaluasi Pembelajaran

Konsep Dasar Psikologi Sosial (Social Psychology)

Psikologi Sosial mempelajari manusia berdasarkan tingkah lakunya sebagai respon dari rangsangan situasi sosial. Senada dengan pendapat Jones & Gerard (1967) Sosial psychology is a subdiscipline of pshychology that especially involves the scientific study of behavior of individuals as a function of sosial stimuli.  Psikologi Sosial mengkaji reaksi manusia ketika berhadapan dengan situasi sosial, misalnya seperti ketika seorang mendapat musibah, apakah dia memutuskan untuk menolong atau tidak. Konsep dasar Psikologi Sosial yang dapat kita kembangkan untuk pembelajaran IPS SD/MI adalah tentang atribusi, tolong menolong, motivasi, perilaku individu, perilaku kelompok, perilaku masyarakat, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Keterkaitan IPS dengan Ilmu-Ilmu Sosial

Konsep-konsep dasar ilmu tersebut harus dipahami oleh pendidik mata pelajaran (mapel) IPS pada tingkat SD/MI. Bagaimana pendidik mau memberikan pelajaran tentang kebudayaan, kalau mereka tidak memahami makna kebudayaan itu sendiri, sehingga seringkali terjadi bentrokan definisi. Bagaimana mengajarkan saling menghargai dan toleransi, jika seorang pendidik mengajarkan isu rasial dan kebencian. Sehingga, sebelum memulai sebuah proses pembelajaran IPS, maka kiranya seorang Pendidik mesti memperkaya diri dengan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar tersebut.

Pos terkait