Prinsip Pembelajaran PAUD Holistik Integratif

  • Whatsapp

7. Lingkungan yang kondusif Lingkungan harus diciptakan sedemikian rupa sehingga menarik dan menyenangkan dengan memperhatikan keamanan serta kenyamanan yang dapat mendukung kegiatan belajar melalui bermain.

8. Menggunakan pembelajaran terpadu Pembelajaran di TK harus menggunakan konsep pembelajaran terpadu yang dilakukan  melalui tema. Tema yang dibangun harus menarik dan dapat membangkitkan minat anak dan bersifat kontekstual. Hal ini dimaksudkan agar anak mampu mengenal berbagai konsep secara mudah dan jelas sehingga pembelajaran menjadi mudah dan bermakna bagi anak.

Bacaan Lainnya

9. Mengembangkan berbagai kecakapan hidup yang dilakukan  sebagai pembiasaan Mengembangkan keterampilan hidup dapat  dilakukan melalui berbagai proses pembiasaan. Hal ini dimaksud agar anak belajar untuk menolong diri sendiri, mandiri, dan  bertanggungjawab serta memiliki disiplin diri.

10. Pemanfaatan Tehnologi Informasi Pelaksanaan stimulasi pada  anak usia TK, jika dimungkinkan dapat memanfaatkan teknologi  untuk kelancaran kegiatan, misalnya tape, radio, televisi, komputer. Pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatan pembelajaran dimaksudkan untuk mendorong anak menyenangi belajar.

11. Pembelajaran bersifat Demokratis Proses pembelajaran memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpikir, bertindak, berpendapat, serta berekspresi secara bebas dan bertanggung jawab.

Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Holistik Integratif

Berbagai pendapat menyatakan bahwa layanan menyeluruh  (holistik) kepada anak usia dini dirasa sangat penting, karena jika salah  satu aspek yang seharusnya diberikan kepada anak tidak diberikan  secara optimal, maka akan berpengaruh terhadap aspek yang lain.  Berbagai pengaruh yang tampak antara lain: 

Baca Juga :  Perubahan Mekanisme Dana BOS Dapat Meningkatan Kesejahteraan Guru

Pos terkait