Prinsip Pembelajaran PAUD Holistik Integratif

  • Whatsapp

1. Aspek Pendidikan

Pendidikan yang bermutu dapat mengembangkan semua lingkup perkembangan anak (nilai-nilai agama dan moral, sosial-emosional, motorik kasar dan motorik halus, kognitif, dan bahasa), namun jika pendidikan yang diberikan tidak bermutu, maka semua lingkup perkembangan anak juga tidak bisa berkembang secara optimal.

Bacaan Lainnya

2. Aspek Kesehatan dan Gizi

Jika kesehatan dan gizi anak rendah, maka akan berdampak kepada rendahnya kognisi anak, karena perkembangan kognisi anak sangat dipengaruhi oleh kesehatan dan gizi. Hal ini seiring dengan hasil penelitian Ernesto Pollitt dkk tahun 1993 menyatakan bahwa  pemberian makanan sehat dan bergizi, akan mempengaruhi  perkembangan kognisi anak.

3. Aspek Pengasuhan

Jika pola asuh yang diterapkan orang tua kepada anak tepat, maka akan berpengaruh secara positif terhadap perkembangan sosial emosional anak, mengingat bahwa orangtua adalah pendidik yang pertama dan utama bagi anak. Sebagaimana pernyataan Sigmund Freud “pengalaman di lima tahun pertama kehidupan seseorang sesungguhnya menentukan kesehatan jiwa & kemampuan menyesuaikan diri dalam kehidupannya kemudian”.

Jenis Pembelajaran Bahan Ajar PAUD Holistik Integratif Terdapat berbagai model pembelajaran di PAUD yang dapat dipilih  sesuai dengan situasi dan kondisi yang berbeda. Situasi dan kondisi yang  berbeda tersebut mungkin karena letak geografis seperti di daerah pantai,  pegunungan, atau dataran rendah atau juga posisi wilayah seperti  perkotaan, pedesaan, ataupun pesisir pantai. 

Model Pembelajaran di PAUD merupakan suatu rancangan untuk  menggambarkan rincian dan penciptaan lingkungan yang menjadikan  anak untuk berinteraksi dalam pembelajaran sehingga terjadi perubahan/  perkembangan pada diri anak. Komponen model pembelajaran: Konsep,  Tujuan pembelajaran, Materi/ Tema, Langkah-langkah, Metode, Alat dan  Sumber Belajar dan Teknik Evaluasi.

Baca Juga :  Unsur, Fungsi dan Prinsip Kepemimpinan

Pos terkait