Unduh Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah Terbaru Tahun 2021

  • Whatsapp

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 106/E/KPT/2021 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah.

Publikasi di jurnal ilmiah saat ini menjadi sangat penting setelah ada persyaratan kenaikan setiap jenjang jabatan untuk fungsional dosen, peneliti, guru, widyaiswara, perekayasa, serta fungsional lainnya. Selain itu, untuk mempertahankan tunjangan kehormatan jabatan Guru Besar dan Lektor Kepala sesuai dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 20 Tahun 2017 dipersyaratkan publikasi ilmiah di jurnal terakreditasi.

Bacaan Lainnya

Kelulusan mahasiswa magister dan doktor menurut Standar Nasional Pendidikan Tinggi juga. Akreditasi jurnal merupakan wujud pengakuan resmi atas penjaminan mutu jurnal ilmiah melalui kegiatan penilaian kewajaran penyaringan naskah, kelayakan pengelolaan, dan ketepatan waktu terbitnya jurnal tersebut. 

Untuk memenuhi kebutuhan jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan reformasi birokrasi pelayanan akreditasi jurnal ilmiah nasional, Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 106/E/KPT/2021 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah.

Pedoman ini diperlukan untuk mengukur mutu suatu terbitan jurnal ilmiah dengan memenuhi persyaratan mutu tertentu. Penerbit jurnal ilmiah harus menjaga dan meningkatkan mutu terbitannya agar terbitannya menjadi wahana komunikasi ilmiah antara peneliti, akademisi, dan masyarakat pengguna dalam mencapai sasaran, yakni mengembangkan ilmu pengetahuan dan memenuhi kebutuhan pembangunan di Indonesia.

Pedoman ini diharapkan dapat digunakan sebagai sarana untuk mengukur apakah suatu jurnal ilmiah sudah memenuhi persyaratan mutu minimum untuk diberi pengakuan akreditasi nasional dan selanjutnya dapat ditindaklanjuti dengan melakukan indeksasi ke pengindeks bereputasi internasional.

Pedoman ini dilengkapi dengan panduan pengajuan akreditasi secara elektronik melalui aplikasi Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna). Sebagai tambahan, buku ini juga dilengkapi dengan etika publikasi, petunjuk penggunaan Mendeley, yang merupakan salah satu aplikasi manajemen standar penulisan referensi, cara pengecekan plagiarisme dengan perangkat yang terus berkembang saat ini agar artikel yang diterbitkan terhindar dari plagiat. Untuk lebih jelasnya silahkan UNDUH DISINI.

Baca Juga :  Teknik Penulisan dan Penyuntingan Bahan Berita Jenis Artikel

Pos terkait