Macam-macam Pendekatan Pembelajaran

  • Whatsapp

Dalam proses pembelajaran dikenal beberapa istilah yang memiliki  kemiripan makna, sehingga seringkali orang merasa bingung untuk  membedakannya. Istilah-istilah tersebut adalah: (1) pendekatan pembelajaran, (2) strategi pembelajaran, (3) metode pembelajaran; (4)  teknik pembelajaran; (5) taktik pembelajaran; dan (6) model pembelajaran. Berikut ini akan dipaparkan istilah-istilah tersebut, dengan harapan dapat  memberikan kejelasaan tentang penggunaan istilah tersebut. 

Pendekatan pembelajaran sendiri dapat diartikan sebagai titik tolak  atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk  pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih  sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan dan  melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Secara  umum, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1)  pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student  centered approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berpusat  pada guru (teacher centered approach).  

Bacaan Lainnya

Pendekatan pembelajaran merupakan jalan yang akan ditempuh  oleh guru dan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.  Pendekatan pembelajaran juga merupakan aktivitas guru di dalam memilih  kegiatan pembelajaran, yaitu sistem untuk memudahkan pelaksanaan  proses pembelajaran dan membelajarkan peserta didik guna membantu  dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pendekatan pembelajaran  juga berguna untuk memperjelas dan juga mempermudah bagi para guru  memberikan pelayanan belajar dan juga mempermudah peserta didik untuk memahami materi ajar yang disampaikan guru, dengan memelihara  suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Pendekatan pembelajaran terbagi menjadi 10 macam jenis, macam-macam pendekatan pembelajaran yaitu: Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and  Learning), Pendekatan Kontruktivisme, Pendekatan Deduktif, Pendekatan Induktif, Pendekatan Konsep, Pendekatan Proses,Pendekatan Open Ended, Pendekatan Saintifik, Pendekatan Realistik, Pendekatan Sains,  Teknologi dan Masyarakat. 

Baca Juga :  Petunjuk Teknis Pelaksanaan Tunjangan Kinerja Guru PNS pada Madrasah

Pendekatan Kontekstual

Pendekatan Kontekstual atau Contextual Teaching and Learning  (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara  materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata peserta didik dan  mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang  dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai  anggota keluarga dan masyarakat (US Departement of Education, 2001).

Pos terkait