Pembelajaran Anak Usia Dini Abad 21

  • Whatsapp

Pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran yang mempersiapkan generasi abad 21 dimana kemajuan Teknologi Informasi  dan Komunikasi (TIK) yang berkembang begitu cepat memiliki pengaruh  terhadap berbagai aspek kehidupan termasuk pada proses belajar  mengajar. Salah satu contoh kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi memiliki pengaruh terhadap proses pembelajaran ialah anak diberi kesempatan dan dituntut untuk mampu mengembangkan  kecakapannya dalam menguasai teknologi informasi dan komunikasi  khususnya komputer, sehingga anak memiliki kemampuan dalam  menggunakan teknologi pada proses pembelajaran yang bertujuan untuk  mencapai kecakapan berpikir dan belajar anak. 

Selain itu, sistem pembelajaran abad 21 merupakan suatu peralihan  pembelajaran di mana kurikulum yang dikembangkan saat ini menuntut  sekolah untuk merubah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada  pendidik (teacher-centered learning) menjadi pendekatan pembelajaran yang berpusat pada anak (student-centered learning). Hal ini sesuai  dengan tuntutan dunia masa depan di mana anak harus memiliki  kecakapan berpikir dan belajar.  

Bacaan Lainnya

Kecakapan-kecakapan tersebut diantaranya adalah kecakapan  memecahkan masalah (problem solving), berpikir kritis, kolaborasi, dan  kecakapan berkomunikasi. Semua kecakapan ini bisa dimiliki oleh anak apabila pendidik mampu mengembangkan rencana pembelajaran yang  berisi kegiatan-kegiatan yang menantang anak untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Kegiatan yang mendorong anak untuk bekerja  sama dan berkomunikasi harus tampak dalam setiap rencana  pembelajaran yang dibuatnya.

Pembelajaran yang berpusat pada anak berbeda dengan pembelajaran yang berpusat pada pendidik, berikut karakter pembelajaran abad 21 yang sering disebut sebagai 4 C, yaitu: 

Communication

Pada karakter ini, anak dituntut untuk memahami, mengelola, dan menciptakan komunikasi yang efektif dalam berbagai bentuk dan isi  secara lisan, tulisan, dan multimedia. Anak diberikan kesempatan  menggunakan kemampuannya untuk mengutarakan ide-idenya, baik itu  pada saat berdiskusi dengan teman-temannya maupun ketika  menyelesaikan masalah dari pendidiknya. 

Baca Juga :  Catat! Jadwal dan Formasi Terbanyak CPNS 2021

Abad 21 adalah abad digital. Komunikasi dilakukan melewati batas  wilayah negara dengan menggunakan perangkat teknologi yang semakin  canggih. Internet sangat membantu manusia dalam berkomunikasi. Saat  ini begitu banyak media sosial yang digunakan sebagai sarana untuk  berkomunikasi. Melalui smartphone yang dimilikinya, dalam hitungan  detik, manusia dapat dengan mudah terhubung ke seluruh dunia.

Pos terkait