Pengertian Pendekatan Saintifik

  • Whatsapp

Langkah Pengembangan Pembelajaran Tematik

Mengutip langkah pengembangan tema yang ditulis oleh Yuliani Nurani  (2004: 262-268) maka berikut ini dipaparkan langkah-langkah pengembangan  tema berdasarkan kebutuhan: (1) Tentukan tema besar yang akan menjadi fokus  utama untuk satu tahun; (2) Buatlah model keterpaduan tema satu tahun dengan  menggunakan prinsip dari tema yang terdekat dengan anak, konkret, dan  sederhana; (3) Jumlah subtema yang dikembangkan tergantung kebutuhan  dan keluasan cakrawala pengetahuan yang dimiliki oleh guru; (4) Kemudian  setiap subtema dijabarkan lagi sehingga setiap subtema memiliki cabang  pengetahuan yang membangunnya; (5) Kembangkan semua subtema yang telah  ditentukan pada butir 3 sangat dianjurkan saat mengembangkan tema  dilakukan melalui curah pendapat (brainstorming) dengan rekan sejawat atau ahli  materi (pakar). Pengembangan tema perlu juga mempertimbangkan alokasi  waktu. Pembagian tema dan jumlah minggu yang digunakan sangat tergantung  kepada keluasan tema tersebut.

Baca Juga: Hakikat Kurikulum 2013 PAUD

Berdasarkan buku pedoman pengembangan tema (direktorat PAUD dan  dikmas, 2018: 15) dijelaskan bahwa untuk pengembangan tema, guru harus mempersiapkan hal-hal sebagai berikut: 

Bacaan Lainnya

1. Mengumpulkan informasi terkait tema dan subtema. Walaupun untuk anak usia dini bukan pengetahuan kognitif yang diutamakan, informasi yang dibahas tentang tema seharusnya berdasarkan keilmuan yang  sebenarnya.Dengan demikian guru harus banyak mencari tahu dan  membaca pengetahuan yang terkait dengan tema.

2. Menyiapkan media dan sumber belajar yang diperlukan dalam kegiatan bermain yang sesuai dengan tema. Anak usia dini membutuhkan media  dan sumber belajar yang konkret. Pemilihan tema yang dekat dengan  lingkungan anak memudahkan mendapatkan media dan sumber belajar tersebut.

Baca Juga :  Ciri-Ciri Soal HOTS Higher Order Thinking Skills

Baca Juga: Prinsip-prinsip pemilihan tema dalam Pembelajaran

3. Menyiapkan bahan-bahan bacaan terkait tema dan subtema. Tidak semua satuan PAUD memiliki buku yang memadai untuk mendukung tema, tetapi bukan alasan untuk tidak mengenalkan buku pada anak-anak didiknya. Diupayakan setiap awal tema diawali dengan membacakan buku yang  sesuai dengan tema. Untuk mengatasi ketiadaan buku, guru dapat membuka internet atau menggunakan majalah atau koran yang memuat  informasi tema yang dibahas.

4. Menyiapkan lingkungan main se suai dengan tema. Lingkungan bermain  ditata yang menarik minat anak dan berhubungan dengan tema. Dalam  persiapan lingkungan bermain memakai prinsip kesederhanaan dalam  menggunakan bahan dan sumber belajar yang tersedia di lingkungan  sekitar.

5. Menyiapkan kegiatan-kegiatan ma in sesuai dengan tema (awal, selama,  dan puncak tema). Macam kegiatan akan selalu sama dari minggu ke  minggu, tetapi isi kegiatan main disesuaikan dengan tema.

Pos terkait