Panduan Sinta Wajib Diketahui oleh penulis atau peneliti

Sinta (Indeks Sains dan Teknologi), memberikan akses ke kutipan dan keahlian di Indonesia. Sistem informasi penelitian berbasis web yang menawarkan akses cepat, mudah dan komprehensif untuk mengukur kinerja peneliti, lembaga dan jurnal di Indonesia. Sinta memberikan benchmark dan analisis, identifikasi kekuatan penelitian masing-masing institusi untuk mengembangkan kemitraan kolaboratif, hingga menganalisis tren penelitian dan direktori pakar.

Baca Juga: Panduan Verifikator Sinta untuk admin Perguruan Tinggi

SINTA (Science and Technology Index), memberikan akses ke data yang berkaitan dengan publikasi dan penelitian di Indonesia. Sistem informasi penelitian berbasis web menawarkan akses yang cepat, mudah, dan lengkap untuk mengukur kinerja peneliti (Author), institusi (afiliasi), dan jurnal di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Panduan Sinta Wajib Diketahui oleh penulis atau peneliti

Dalam Pembuatan SINTA ini melibatkan sistem-sistem eksternal yang saling terintegrasi diantaranya Publikasi dengan basis data Scopus, WoS (Web Of Science), Google Scholar (GS), dan Garba Rujukan Digital (Garuda), Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan basis data Bima, data Akreditasi jurnal dengan basis data Arjuna, data Kekayaan Intelektual yang berbasis pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), serta data buku yang berdasarkan data pada Perpustakaan Nasional.

Baca Juga: Panduan Verifikator Sinta untuk LPPM

Salah satu fungsi Science and Technology Index (SINTA) adalah menilai kinerja jurnal berdasarkan standar akreditasi dan sitasi, dengan mengindeks seluruh jurnal nasional yang sudah diakreditasi oleh Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA). Untuk lebih jelasnya silahkan unduh disini atau lihat videonya disini

Baca Juga :  Pedoman Pemutakhiran Data di MYSAPK BKN

Pos terkait