Unduh Contoh Modul Ajar Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada IKM

Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler. 

Bacaan Lainnya

Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila ini memuat penyiapan ekosistem sekolah, desain projek penguatan profil pelajar Pancasila, pengelolaan projek penguatan profil pelajar Pancasila, pengolahan asesmen dan melaporkan hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila, serta evaluasi dan tindak lanjut projek penguatan profil pelajar Pancasila

Baca Juga: Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada IKM

Panduan ini berisi prinsip-prinsip pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan dibuat untuk mendampingi dokumen lain yang mempunyai peran saling melengkapi. Untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh, panduan ini perlu dipakai bersamaan dengan dokumen profil pelajar Pancasila dan contoh modul projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Dokumen profil pelajar Pancasila berisi matriks perkembangan untuk setiap sub elemen dari fase PAUD hingga SMA/SMK. Sementara modul projek penguatan profil pelajar Pancasila berisi contoh perencanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila yang disusun sesuai dengan tema dan fase tertentu.

Baca Juga :  Buku Guru dan Buku Siswa Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab MI

Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini pada Kurikulum Merdeka ini akan terus disempurnakan berdasarkan evaluasi dan umpan balik dari berbagai pihak. Sejalan dengan proses evaluasi tersebut, Panduan ini juga akan mengalami revisi dan pembaruan secara berkala. Untuklebih jelasnya silahkan uduh dibawah ini

  1. Contoh Projek P5 Dan P2RA
  2. Templet P5P2RL
  3. Contoh Modul Ajar Modul projek – Kearifan Lokal – Makananku, Budayaku – Fase A
  4. Contoh Modul Projek Gaya Hidup Berkelanjutan – Kami Adalah Kesatria Lingkungan – Fase B
  5. Contoh Modul Ajar Modul projek – Kewirausahaan – Wirausaha Daur Ulang – Fase C
  6. Contoh Modul Ajar Modul projek – Bangunlah Jiwa dan Raganya – Sungai Kehidupanku Sebelum dan Sesudah Akil Balig – Fase D
  7. Contoh Instrumen Validasi Modul P5P2RL

Terima kasih

Pos terkait