Cara membuat daftar pustaka Menggunakan aplikasi zotero

Tutorial membuat daftar pustaka Menggunakan aplikasi zotero

  1. Download dan Install aplikasi Zotero, setelah itu buka aplikasi zotero. Lalu tambahkan sumber referensi dengan cara: klik New Item – pilih salah satu jenis referensi, misalnya Book.
  • Setelah pilih buku, lalu masukkan data sesuai buku referensi. Mulai dari judul buku, penulis, tahun terbit, kota terbit, hingga penerbit. Setelah selesai klik Enter.

Untuk Journal Article yang ada di internet juga dapat langsung diakses dari aplikasi Zotero tanpa harus memasukkan data secara manual. Caranya dengan klik Add Item (s) by Identifier, lalu masukkan kode ISBN, DOI, PMID, arXiv ID yang terdapat dalam journal.

  • Pilih file dari Document dan buka file yang akan di berikan daftar isi. Lalu pilih Zotero dan klik Add/ Edit Bibliograpyuntuk menanbahkan daftar pustaka.
  • Setelah itu muncul tampilan seperti ini, lalu pilih Citation Style sesuai kebutuhan. Anda dapat memilih Citation Style atau model bentuk daftar pustaka yang telah tersedia. Misalnya pilih Chicago Manual of Style 17th edition (full note). Lalu klik Ok.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan daftar pustaka seperti ini secara otomatis.

Tags: