RPP Satu Lembar Kelas 4 SD/MI Semester 2 Tema 6

Bapak Nadiem Makarim Menteri Pendidikan Mengeluarkan kebijakannya dengan menyederhanakan RPP sebagai salah satu kebijakannya untuk mencapai program yang dibesutnya yaitu merdeka belajar. Beliau juga sudah membuat edaran kepada kepala dinas pendidikan provinsi dan kabupaten bernomor 14 Tahun 2019. Pada saat ini guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga.
• Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
• Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.
RPP dapat dibuat dengan singkat, misalnya hanya satu halaman asalkan sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada murid. Tidak ada persyaratan jumlah halaman. Standar baku untuk format penulisan RPP Tidak ada. Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efesien, efektif, dan berorientasi pada murid.

Untuk format RPP yang sudah dibuat guru. Guru dapat tetap menggunakan format RPP yang telah dibuatnya. Kemudian, Guru dapat pula memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada murid.

Jumlah komponen dalam RPP ada 3 komponen inti, yaitu tujuan pembelajaran, langkah¬ langkah pembelajaran (kegiatan), dan penilaian pembelajaran (assesmen). Komponen-komponen lainnya adalah pelengkap.Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk kepada kurikulum dan kebutuhan belajar murid. Kegiatan belajar dan asesmen dalam RPP ditulis secara efisien.

Selama ini guru selalu disibukkan dengan yang namanya RPP yang sangat tebal. dalam satu rim kertas. Padahal RPP yang dibuat tersebut tidak digunakan saat di kelas saat pembelajaran, tapi hanya digunakan sebagai administrasi saja saat ada pengawas sekolah.

Melihat hal tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang baru yakni Nadiem Anwar Makariem akhirnya memberikan masukan agar tugas guru lebih efesien dan efektif dalam mendidik murid atau peserta didik, salah satunya dengan penyederhanaan RPP.
Beberapa hari yang lalu, kami membagikan RPP yang sesuai dengan PPPPTK atau Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Sehingga formatnya bisa diamati, tiru dan modifikasi RPP terbaru tersebut.

Berikut Anda Bisa Download Contoh RPP Kelas 4 Pada link berikut ini :

RPP Satu Lembar Kelas 4 SD Semester 2 Tema 6

Tags: