Jadwal dan Cara Updating Data EMIS melalui Aplikasi Feeder EMIS (AFE) Terbaru 2020

Berdasarkan surat Dirjen Pendidikan Islam Nomor : B-356.1/DJ. I/Set. I/OT .01.3/02/2020 tanggal 6 Februari tahun 2020 tentang pemberitahuan updating data EMIS Madrasah semester genap TP 2019/2020

Sehubungan dengan akan dimulainya periode updating pendataan EMIS Madrasah semester genap Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

  1. Pendataan semester genap Tahun Pelajaran 2019/2020 akan dibuka pada tanggal 10 Februari 2020 dan akan ditutup pada tanggal 31 Mei 2020.
  2. Selain melalui akses online http://emispendis.kemenag.go.id/emis madrasah/, untuk menghindari hambatan akses, mulai semester ini pendataan EMIS Madrasah dapat dilakukan melalui Aplikasi Feeder Madrasah (AFE).
  3. Aplikasi Feeder Madrasah (AFE) dapat diunduh melalui EMIS Dashboard pada menu Unduhan di http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/index.php?content=aplikasi, (informasi tentang AFE ada dalam link tersebut)
  4. Prosedur pendataan EMIS melalui tahapan Aplikasi Feeder EMIS (AFE) dapat dilihat pada lampiran.
  5. Demikian surat pemberitahuan ini kami buat, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Prosedur Pendataan EMIS Madrasah melalui Aplikasi Feeder Emis (AFE)

  1. Memiliki Akun EMIS (Bagi Lembaga yang belum memiliki akun EMIS, harap mendaftar terlebih dahulu dengan kordinasi Operator Kemenag Kabupaten/Kota)
  2. Download Aplikasi Feeder EMIS (AFE) di halaman Menu Unduhan Dashboard EMIS => http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/index.php?content=aplikasi
  3. Ekstrak Aplikasi di Komputer Lokal
  4. Jalankan File emis.exe
  5. Login sesuai Akun EMIS (Login Pertama harus Online).
  6. Silahkan Ambil Data pada menu data Lampau (Siswa, Guru dan Sarpras)
  7. Lakukan Update Data (Lembaga, Siswa, Guru, Sarpras), bisa dilakukan offline.
  8. Sinkronisasi Data
  9. Cek Data hasil sinkroniasi di Feeder Monitoring (Online)=> http://emisdep.kemenag.go.id/mad rasah _ emis/monitor
  10. Konfirmasi Data
  11. Download dan Cetak BAP untuk ditandatangani Kepala Madrasah
  12. Upload BAP yang sudah ditandatangani
  13. Selesai

Cara Memasang Aplikasi Feeder Emis

Cara memasang dan menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Sebagaimana dengan aplikasi emis sebelumnya, setelah berhasil mengunduh file AFE berukuran 86,9 MB, silakan ekstrak dengan menggunakan aplikasi pengekstrak seperti WinZip, WinRar, 7Zip, dan lain sejenisnya.

Hasil ekstrak dapat ditempatkan dalam sembarang disk (partisi). Bisa di partisi C, D, atau lainnya. Ini karena aplikasi tidak perlu diinstal.

Untuk menjalankannya hanya perlu membuka folder hasil ekstrak kemudian klik file “emis.exe” yang juga ditandai dengan gambar logo emis baru. Tunggu apliaksi terbuka hingga menampilkan halaman login. Untuk login ke Aplikasi Feeder Emis, gunakan akun emis madrasah sebagaimana biasanya.

Saat menggunakan pertama kali, pastikan komputer atau laptop yang dipasangi Aplikasi Feeder Emis terhubung dengan koneksi internet. Karena begitu login, aplikasi akan otomatis mengunduh Data Lembaga.

Tags: